RECIPE: Homemade Almond Chocolate Spread

Gaya banget judulnya. Padahal mirip sama coki coki.

Mengusung keinginan gw yang akhir-akhir ini pengen hidup sehat layaknya anak kekinian, maka gw mencoba mengurangi makan pengawet-tambahan. Ya ngga tau sih bakal jadi tanpa pengawet apa ngga menu gw ke depannya, tapi seenggaknya gw sudah berikhtiar mengurangi. Selebihnya gw pasrahkan pada Allah SWT…
*fokusnya suka agak melenceng*

Enihu, hari ini gw iseng bikin coklat spread sendiri. Awalnya sih mau bikin kukis yang versi ada isian coklat di dalemnya. Gw ambil jar Nutella gw, ternyata udah tinggal sedikit banget. Akhirnya gw memutuskan bikin Nutella-an sendiri kalo gampang resepnya. Berjodohlah gw dengan ini http:// http://thelunacafe.com/nutella-chocolate-hazelnut-spread-recipes/. Berhubung gw tidak mampu beli punya hazelnut, gw ambil almond dan jadilah~

Almond Chocolate Spread

image

Serauk (mungkin 150-170 gr) coklat batang yang sudah dipotong kecil
Segenggam (anggep aja 50-60gr) almond sliced/crushed
Sekucuran (hmm 80 ml kayaknya) krim kental
Secubit garam
Setengah sendok teh vanilla bubuk

Cara membuat
1. Tim coklat sampai leleh. Sisihkan sampai adem
2. Panggang atau sangrai almond hingga agak kecokelatan. Masukkan blender atau food processor
3. Hancurkan sampai halus. Tambahkan vanilla dan garam. Aduk
4. Tuang cokelat leleh, aduk (masih di blender atau food processor ya)
5. Tambahkan krim kental, aduk
6. Tes konsistensi dan rasa. Kalau feelingnya sudah oke, masukkan dalam jar dan tutup

Gampang kan! Saran ogut:
1. Kalau terlalu manis, mungkin krim terlalu banyak. Tambahkan coklat leleh
2. Kalau mau crunchy, jangan hancurkan almond sampai halus. Jadi pas di step awal, jangan dihancurkan. Pas coklat dan krim masuk, baru dihancurkan
3. Kalau mau yang creamy, hancurkan almond sampai halus banget di step awal, dan ayak. Hasil ayakannya baru deh dicampur cokelat dan krim
4. Penyimpanan sih kata resep aslinya sampe 3-4 minggu. Tapi kalo bisa lebih awal habis, lebih baik ye kaaaan

Jadi, si coklat dan teman2nya kan aslinya pake pengawet (kecuali almond dan garam), nah kalau produksi pabrik, biasanya bakal ditambah pengawet setelah jadi. Kalo bikin sendiri, tentu nggak dong. Ya kan? Iya.

Mayan buat olesan roti. Ama nasi deh kalo masih laper. Ciao :*

Leave a comment